Di Grahadi, Dubes Kanada Disuguhi Beragam Potensi Investasi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Di Grahadi, Dubes Kanada Disuguhi Beragam Potensi Investasi

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Senin, 26 Februari 2024 20:17 WIB

Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono, saat menerima kunjungan kerja Duta Besar Kanada untuk Indonesia dan Timor Leste, Jess Dutton. Foto: DEVI FITRI AFRIYANTI/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono, menerima kunjungan kerja Duta Besar Kanada Untuk Indonesia dan Timor Leste, Jess Dutton, di Gedung Negara , Surabaya, Senin (26/2/2024). 

Dalam agenda tersebut, Adhy menawarkan peluang investasi dalam berbagai macam proyek prestisius di Jawa Timur, yakni pada sektor infrastruktur, manufaktur, properti, dan pariwisata.

"Jawa Timur memiliki investment project ready to offered atau IPRO di bidang infrastruktur seperti Development of Probolinggo Port sebagai international container port logistic hub, Probolinggo LNG hub, dan lamongan oil tank terminal," ujarnya.

Untuk manufaktur, potensial investasi ada di industri garam farmasi, industri pengolahan tembaga, industri pengolahan pisang terintegrasi dengan perkebunannya, industri bioethanol, industri alat dan mesin pertanian, dan industri pengolahan udang terintegrasi. 

Ada pula Civic Centre dan Semen Gresik New Town untuk sektor industri, serta Tumpak Sewu Leisure Park dan Marina Boom Banyuwangi bagi sektor pariwisata.

"Kami juga punya dua Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan lima kawasan industri yang tersebar di beberapa daerah, yang sesuai untuk mengakomodir kebutuhan dari calon investor dan para pengusaha," katanya.

"Terlebih Jawa Timur merupakan hub atau penyangga di wilayah Indonesia Timur," imbuhnya.

Selain itu, PDRB Jawa Timur sendiri memberikan kontribusi terbesar kedua terhadap perekonomian pulau Jawa sebesar 24,9 persen pada 2023. Tak hanya itu, Jatim juga berkontribusi sebesar 14,2 persen terhadap pembentukan Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

Lebih lanjut disampaikan, dari sisi investasi Kanada di Jatim sejak tahun 2010 hingga 2023, tercatat terdapat 9 bidang usaha di 2 kabupaten dan kota dengan nilai investasi sebesar US$ 0,4 Juta.

"Mr. Jess tertarik dengan Jawa Timur juga karena melihat indikator-indikator ekonomi yang sangat baik. Sehingga iklimnya bisa mendorong investasi dari Kanada untuk Jawa Timur," kata Adhy.

Untuk itu, ia mendorong pengembangan investasi Kanada-Jatim. Ia menilai hal ini akan berjalan baik, mengingat realisasi investasi Jawa Timur tahun 2023 menduduki peringkat 3 dibanding provinsi lain di indonesia dengan angka mencapai Rp145,1 triliiun atau 10,2 persen dari realisasi investasi indonesia.

Tak hanya itu, struktur realisasi penanaman modal asing (PMA) Jawa Timur tahun 2023 meningkat 56,3 persen. Hal ini menunjukkan tingkat kepercayaan dan optimisme investor tetap terjaga kepada Jawa Timur yang merupakan surga investasi dengan nilai incremental capital output ratio (ICOR) lebih rendah dibandingkan rata-rata di Indonesia.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video